Kamis, 31 Oktober 2013


Continuing Professional Development

 

Continuing Professional Development (CPD) merupakan program pengembangan yang dilakukan secara terus-menerus melalui program pembelajaran berkelanjutan sebagai dasar penguatan pengetahuan, keterampilan, kemampuan, dan perilaku.

Tujuan CPD ini adalah untuk memutakhirkan derajat pengetahuan, keterampilan, kemampuan, dan perilaku.  Melalui CPD, pegawai dituntut untuk meng-update  pengetahuan, ketermpilan, kemampuan, dan perilaku yang dimiiki agar sejalan dengan tuntutan lingkungan strategik dan perkembangan dalam dunia usaha.

Prinsip dasar CPD ini adalah continual improvement in action. Yang mana setiap pegawai atau karyawan dituntut untuk senantiasa melakukan perbaikan yang berkesinambungan (continius improvement) dari yang paling kecil hingga yang paling mengesankan.

Dalam budaya Jepang, istilah perbaikan yang berkesinambungan  dikenal dengan nama Kaizen, yang berarti selalu melakukan perubahan secara terus-menerus , baik secara perlahan ataupun secara drastis. Prinsip dari kaizen adalah “Hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini”. Continius improvement yang melibatkan seluruh karyawan atau pegawai dan sumber daya finansial yang tidak terlalu besar, namun memberikan dampak yang mengesankan.

Menurut Mulyadi (2005:422), faktor yang benar-benar menjadikan suatu perusahaan berbeda dengan perusahaan lain adalah terletak pada kemampuan sumber daya manusia dalam memanfaatkan pengetahuan. Oleh karena itu, faktor penentu daya saing jangka panjang perusahaan terletak pada kemampuan sumber daya manusia organisasi dalam memanfaatkan pengetahuan yang mereka kuasai untuk memberikan suatu nilai kontribusi yang berarti bagi perusahaan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar