Kamis, 31 Oktober 2013


KNOWLEDGE MANAGEMENT

 

Tugas utama HRD yaitu membangun Intangibles pada setiap karyawan, dimana Intangibles merupakan aset Perusahaan yang tidak terlihat dan tidak berwujud namun dalam pengembangannya sangat luas dan tidak terbatas. Intangibles terbagi menjadi 2 (dua) yaitu, Internal Intangibles dan Eksternal Intangibles. Internal Intangibles melekat pada orang-orang yang memiliki keahlian (skill) di dalam bidang pekerjaannya dan dalam memimpin Perusahaan. Pengetahuan (knowledge) karyawan yang sesuai dengan kebutuhan atau tujuan organisasi yang mempengaruhi Intenal Intangibles. HRD yang baik dapat menerapkan nilai dan budaya kerja pada setiap karyawan untuk menciptakan kerja sama yang baik agar masing-masing karyawan dapat berkontribusi semaksimal mungkin untuk memajukan Perusahaan.

Selain fokus dalam membangun Internal Intangibles Perusahaan juga harus memperhatikan Eksternal Intangibles yang berupa dukungan (support) dari masyarakat dimana support itu akan menghasilkan masyarakat yang mempromosikan hasil produk tanpa diminta atau dibayar oleh Perusahaan (Brand Image) sehingga masyarakat secara terus menerus menggunakan produk dan tanpa disadari produk tersebut sudah melekat pada pikiran masyarakat (Brand Loyality), dengan begitu Perusahaan mendapatkan kepercayaan (trust) dari masyarakat sehingga membuat reputasi (reputation) Perusahaan tetrsebut menjadi baik dan mendapatkan citra positif dimata masyarakat.

 

HRD Pada Abad Ke-21

            HRD pada abad ke-21 ini harus memiliki knowledge management dalam mengembangkan diri karyawan, agar karyawan dapat lebih meningkatkan kinerja dan produktivitas. Knowledge Management adalah suatu rangkaian kegiatan yang dipergunakan oleh Perusahaan untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan menyalurkan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajari di dalam Perusahaan.

Pada Abad ke-21 ini HRD membutuhkan orang-orang seperti berikut :

1.      Creative, yaitu orang yang mampu membuat proses lebih efisien dan efektif dan mampu menciptakan nilai.

2.      Spesific Skill, yaitu orang mempunyai keahlian yang lebih jelas dan mendalam.

3.      Multi Tasking, yaitu orang yang mempunyai berbagai macam keahlian atau kemampuan.

 


World Class Skill

            World Class Skill adalah orang yang mempunyai keahlian kelas dunia (world class skill) yaitu orang yang dapat menyisihkan sebagian besar waktunya untuk belajar dan berlatih selama 10.000 jam, untuk mengembangkan kemampuan dan keahliannya dalam bidang tertentu.

 

Aspek-aspek Pengembangan Diri

1.      Pengembangan Diri dan Dunia Kita  (PD & DK), pada prinsip pengembangan diri, yaitu bagaimana kita memberikan diri kita pada dunia agar dunia dapat mengakui kemampuan kita yang dimana mampu membentuk citra diri positif sehingga dunia dapat dipercaya dan diandalkan.

2.      Pengembangan Diri Altruisme dan Kebahagiaan (PDA & K), HRD dalam sejatinya memiliki altruisme (semangat membantu) untuk membuat karyawan lebih pintar dan lebih berkembang kita akan mendapatkan kebahagiaan dengan memberi atau berbuat baik kepada orang lain. Seperti kata pepatah “apa yang ditanam itulah yang akan dipetik”, begitu juga dengan kebaikan jikan kita menanam kebaikan maka kita akan menghasilakn buah dari kebaikan tersebut. Aspek pengembangan diri ini menerapkan baha lebih banyak memberi maka akan lebih merasa bahagia.

3.      Pengembangan Diri dan Belajar (PD & B), hidup itu untuk belajar dalam mengejar ilmu agar kita banyak mengetahui hal-hal yang belum kita ketahui sebelumnya. Manusia belajar untuk mengekplorasi akal dan pikiran agar dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan potensi atau kemampuannya untuk dapat hidup mandiri.

1 komentar:

  1. Bonus Codes - New Free No Deposit Casinos for 2021
    Casino No Deposit Bonuses: 1xbet korean The best no deposit bonuses for the 바카라 사이트 위너바카라 most popular casinos. The bet365 list includes free หารายได้เสริม spins, bonus spins, and win 사설토토 real money.

    BalasHapus