KNOWLEDGE MANAGEMENT
Tugas
utama HRD yaitu membangun Intangibles pada setiap karyawan, dimana Intangibles
merupakan aset Perusahaan yang tidak terlihat dan tidak berwujud namun dalam
pengembangannya sangat luas dan tidak terbatas. Intangibles terbagi menjadi 2 (dua) yaitu,
Internal Intangibles dan Eksternal Intangibles. Internal Intangibles melekat
pada orang-orang yang memiliki keahlian (skill) di dalam bidang pekerjaannya dan dalam memimpin
Perusahaan. Pengetahuan (knowledge) karyawan yang sesuai dengan kebutuhan
atau tujuan organisasi yang mempengaruhi Intenal Intangibles. HRD yang baik
dapat menerapkan nilai dan budaya kerja pada setiap karyawan untuk menciptakan
kerja sama yang baik agar masing-masing karyawan dapat berkontribusi semaksimal
mungkin untuk memajukan Perusahaan.
Selain
fokus dalam membangun Internal Intangibles Perusahaan juga harus memperhatikan
Eksternal Intangibles yang berupa dukungan (support) dari masyarakat dimana support itu akan
menghasilkan masyarakat yang mempromosikan hasil produk tanpa diminta atau
dibayar oleh Perusahaan (Brand Image) sehingga masyarakat secara terus
menerus menggunakan produk dan tanpa disadari produk tersebut sudah melekat
pada pikiran masyarakat (Brand Loyality), dengan begitu Perusahaan
mendapatkan kepercayaan (trust) dari masyarakat sehingga membuat reputasi (reputation)
Perusahaan tetrsebut menjadi baik dan mendapatkan citra positif dimata
masyarakat.
HRD
Pada Abad Ke-21
HRD pada abad ke-21 ini harus memiliki knowledge
management dalam mengembangkan diri karyawan, agar karyawan dapat lebih
meningkatkan kinerja dan produktivitas. Knowledge Management adalah suatu
rangkaian kegiatan yang dipergunakan oleh Perusahaan untuk mengidentifikasi,
menciptakan, menjelaskan, dan menyalurkan pengetahuan untuk digunakan kembali,
diketahui, dan dipelajari di dalam Perusahaan.
Pada Abad ke-21 ini HRD
membutuhkan orang-orang seperti berikut :
1. Creative,
yaitu orang yang mampu membuat proses lebih efisien dan efektif dan mampu
menciptakan nilai.
2. Spesific Skill,
yaitu orang mempunyai keahlian yang lebih jelas dan mendalam.
3. Multi Tasking,
yaitu orang yang mempunyai berbagai macam keahlian atau kemampuan.
World
Class Skill
World Class Skill adalah orang yang mempunyai keahlian
kelas dunia (world
class skill) yaitu orang yang dapat menyisihkan sebagian besar
waktunya untuk belajar dan berlatih selama 10.000 jam, untuk mengembangkan
kemampuan dan keahliannya dalam bidang tertentu.
Aspek-aspek
Pengembangan Diri
1.
Pengembangan Diri dan Dunia Kita (PD & DK), pada prinsip pengembangan
diri, yaitu bagaimana kita memberikan diri kita pada dunia agar dunia dapat
mengakui kemampuan kita yang dimana mampu membentuk citra diri positif sehingga
dunia dapat dipercaya dan diandalkan.
2.
Pengembangan Diri Altruisme dan
Kebahagiaan (PDA & K), HRD dalam sejatinya memiliki altruisme (semangat membantu)
untuk membuat karyawan lebih pintar dan lebih berkembang kita akan mendapatkan
kebahagiaan dengan memberi atau berbuat baik kepada orang lain. Seperti kata
pepatah “apa yang ditanam itulah yang akan dipetik”, begitu juga dengan
kebaikan jikan kita menanam kebaikan maka kita akan menghasilakn buah dari
kebaikan tersebut. Aspek pengembangan diri ini menerapkan baha lebih banyak
memberi maka akan lebih merasa bahagia.
3.
Pengembangan Diri dan Belajar (PD &
B), hidup itu untuk belajar dalam mengejar ilmu agar kita banyak mengetahui
hal-hal yang belum kita ketahui sebelumnya. Manusia belajar untuk mengekplorasi
akal dan pikiran agar dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan potensi atau
kemampuannya untuk dapat hidup mandiri.
Bonus Codes - New Free No Deposit Casinos for 2021
BalasHapusCasino No Deposit Bonuses: 1xbet korean The best no deposit bonuses for the 바카라 사이트 위너바카라 most popular casinos. The bet365 list includes free หารายได้เสริม spins, bonus spins, and win 사설토토 real money.