Kamis, 07 November 2013


Positive Mental Attitude Instrument

Berfikir negatif atau positif adalah pilihan. Setiap orang selalu punya kendali untuk memilih pikirannya. Namun tidak setiap orang bersedia mengubah pikirannya. Lembar ini akan membantu kita untuk mengoreksi pikira kita menjadi lebih positif.

Hari
Pikiran Negatif
Seharusnya dapat diubah menjadi
1
Contoh :
Duuh males sekali kuliah, banyak tugas lagi...
Mmh.. muncul rasa malas wajar..tapi harus bisa saya lawan, karena kalau tidak dilawan berarti saya tidak bersyukur sudah berkesempatan kuliah, tidak bersyukur sudah mendapatkan peningkatan keterampilan dari mengerjakan tugas, tidak berterima kasih sama orang tua, jadi saya akan lawan rasa malas saya..saya akan lebih rajin lagi.
2
Belum bisa move on dan selalu melihat ke belakang, belum bisa memilih dan memilah banyak pilihan dengan tepat dan akurat.
Mungkin melihat ke belakang boleh sebagai pelajaran dan belajar dari kesalahan yang sudah terjadi, tapi saya hidup itu maju ke depan bukan mundur ke belakanng dan hidup saya untuk masa depan yang cerah dan bahagia bukan masa lalu yang kelam.
3
Selalu berpikir menyimpang bila melihat wanita yang cantik dan menarik perhatian.
Saya sadar bahwa pemikiran seperti itu tidak baik dan sudah zinah mata, saya sadar bahwa keindahan di dunia itu hanya titipan dan bersifat sementara dan saya takut kalau terus menerus berpikiran seperti itu suatu hari akan menjadi karma di keluarga saya terutama adik saya.
4
Selalu menunda-nunda tugas kuliah/ organisasi dengan berpikir kalau besok masih bisa dikerjakan.
Dengan menunda-nunda tugas awalnya saja yang enak tetapi dampak dari menunda-nunda itu yang besar, banyak waktu yang terbuang sia-sia, tidak memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin.
5
Selallu berpikir untuk mengambil barang orang lain yang terlihat bagus dan menarik
Setiap melihat barang orang lain yang menurut saya bagus dan menarik, saya selalu berniat untuk mengambilnya, tapi saya selalu ingat akan dosa yang didapat atas pemikiran tersebut, saya selalu menggagalkan sisi jahat saya dan mengurungkan niat buruk untuk mengambil.
6
Selalu berpikir bahwa orang yang terdekat marah bila tidak membalas sms dengan segera.
Mungkin orang terdekat saya tidak bisa membalas sms dengan segera itu ada alasannya, misalnya dia sedang belajar, atau sedang ada telepon penting atau sedang menerima tamu.
7
Selalu berpikir curiga terhadap orang lain.
Saya selalu seenaknya menilai orang lain tanpa tahu bagaimana orang itu sebenarnya. Mungkin saya melihat orang lain itu sombong, angkuh, tidak ramah padahal sebenarnya orang itu baik hati, ramah dan tidak sombong.

 

Nama              : Mega Tamia
NPM                : 170103110154
Jurusan           : Administrasi Kepegawaian
Mata Kuliah     : Psikologi Kepegawaian

 

Dokumentasi Bimbingan Konseling Indonesia Berpikir Positif
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar